8 Cara untuk Konsisten Hidup Sehat yang Bisa Mama Lakukan 💚


cara untuk konsisten hidup sehat

Bagi saya menerapkan gaya hidup holistik bukan seperti mengikuti tren yang kemudian bisa menghilang berganti dengan tren yang lainnya. Ini adalah pilihan hidup yang berusaha saya jalani terus menerus seumur hidup. Bahkan saya ingin bisa lebih baik dari waktu ke waktu. Meski saya pun mengakui bahwa dalam proses menjalaninya tidak semudah seperti membuka bungkus coklat. Ada kalanya saya mundur namun kemudian maju kembali. Ya, seperti itulah, Mam 🙂

Setelah mengetahui bagaimana cara menerapkan gaya hidup sehat secara holistik di artikel sebelumnya, ada satu hal lagi yang penting untuk Mama lakukan yaitu konsisten. Sebaik apapun usahamu jika hal tersebut tidak dilakukan secara konsisten maka hasilnya tidak akan optimal. Lalu bagaimana cara untuk konsisten hidup sehat? Saya akan mengulasnya pada artikel kali ini.

Seringkali konsistensi inilah tantangan terbesar saat Mama menjalani gaya hidup sehat secara berkesinambungan. Ada yang bilang bahwa mempertahankan sesuatu seringkali tidak lebih mudah daripada ketika kita memulainya. Menurut saya itu benar! Yuk Mam, simak ulasan lengkapnya mengenai cara untuk konsisten hidup sehat di bawah ini.


8 Cara untuk Konsisten Hidup Sehat


Konsistensi merupakan faktor terpenting yang berkontribusi pada kesuksesanmu untuk mewujudkan hidup yang sehat secara holistik (menyeluruh). Seringkali di awal-awal Mama begitu bersemangat menjalani gaya hidup sehat, namun untuk terus mempertahankan semangat tersebut bisa jadi tidak mudah. Nah, maka dari itu Mama perlu melakukan beberapa cara untuk konsisten hidup sehat berikut ini.


1. Tetapkan tujuanmu


Menetapkan tujuan merupakan cara untuk konsisten hidup sehat yang pertama-tama perlu Mama lakukan. Tanyakan pada diri sendiri apakah tujuan yang ingin Mama capai dari menjalani gaya hidup sehat tersebut?

Misalnya, Mama ingin sembuh dari penyakit dan hidup lebih lama. Atau mungkin Mama punya keinginan untuk memiliki umur panjang dan sehat sehingga dapat melihat anak-anak tumbuh dewasa dan menikah. Tujuan lain misalnya Mama ingin hidup lebih baik dan menikmati hari-hari dengan bahagia.

Apapun tujuanmu jadikan hal itu sebagai motivasi untuk terus semangat dan konsisten menjalani gaya hidup sehat. Akan lebih baik jika tujuan tersebut dituliskan dan Mama bisa membacanya kapanpun dibutuhkan. Dengan mengingat kembali tujuan ini akan membantu tetap fokus untuk meraih apa yang ingin Mama wujudkan.

Beralih dari gaya hidup sebelumnya menuju gaya hidup sehat seringkali bukanlah hal yang mudah. Tentu akan ada tantangan-tantangan tersendiri yang bisa jadi membuatmu kurang semangat atau goyah. Nah, di saat inilah ingat kembali dan renungkan tujuanmu agar tidak mudah menyerah.


2. Buatlah rencana


Setelah menetapkan tujuan, cara untuk konsisten hidup sehat yang berikutnya yaitu membuat rencana. Buatlah rencana mengenai hal apa saja yang akan Mama terapkan untuk dapat mencapai tujuan. Jadikan rencana ini sebagai kebiasaan-kebiasaan baru dalam menjalankan gaya hidup sehatmu.

Misalnya, mengubah pola makan menjadi lebih sehat, tidur cukup dan berkualitas setiap malamnya, rutin olahraga minimal 15 menit setiap harinya, dan lain-lain. Tulislah rencana-rencana tersebut dalam jurnalmu. Sebaiknya buatlah rencana yang realistis, artinya sesuai dengan kemampuanmu.

Mulailah dari hal yang menurutmu paling mudah untuk dilakukan. Setelah Mama bisa melakukannya selama beberapa waktu dan menjadikannya sebagai sebuah kebiasaaan, tingkatkan kuantitasnya atau tambah rencana berikutnya. Dan yang terpenting berusahalah sebaik mungkin untuk melaksanakan rencana-rencana tersebut.   


3. Cek kemajuanmu


Cara untuk konsisten hidup sehat yang selanjutnya adalah mengecek progres/kemajuan secara berkala. Maka dari itulah Mama perlu memiliki jurnal kesehatan, dimana di dalamnya Mama bisa menuliskan tujuan, rencana, serta progres. Dari sini bisa dianalisa telah sejauh mana kemajuanmu. Lakukan analisa ini satu kali dalam sebulan, misalnya setiap akhir bulan.


4. Hilangkan rasa bersalah


Salah satu cara untuk konsisten hidup sehat yang satu ini juga penting untuk  dilakukan. Dalam perjalanan menjalani gaya hidup sehat, tentu kita akan menemukan saat-saat dimana kita melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana.

Misalnya, saat makan makanan yang sebenarnya kurang sehat, begadang sehingga tidak cukup tidur, atau mungkin ada saat dimana kita merasa malas olahraga dan melewatkannya. Pada akhirnya kita akan merasa bersalah.

Tapi tahukah Mama, perasaan bersalah terhadap diri sendiri seperti ini justru bisa merugikan. Sebab rasa bersalah dapat mengikis tekad dan membuatmu tidak semangat. Tidak ada yang sempurna di dunia ini, bukan? Begitupun dengan kita. Jadi saat sesekali kita melakukan hal-hal diluar rencana, itu adalah hal yang normal. Tak perlu menyesalinya dan merasa bersalah.

Saat awal menjalani gaya hidup sehat, saya pun kerap merasa bersalah saat melakukan kesalahan. Rasa bersalah itu justru membuat saya tidak nyaman dengan diri sendiri. Seiring waktu saya menyadari bahwa rasa bersalah itu tidak memberikan manfaat. Maka dari itu sekarang saya memberikan toleransi pada diri sendiri untuk setiap kelemahan dan kekurangan saya.

Yang terpenting adalah bagaimana bisa kembali lagi pada jalur yang telah  direncanakan. Jadi jika hari ini kita melakukan “kesalahan kecil”, pastikan esok hari kembali lagi ke gaya hidup sehat yang telah kita rencanakan. Berikan batasan sejauh mana kita boleh melakukan kesalahan.


5. Rayakan kemajuanmu


Saat Mama telah membuat kemajuan, jangan ragu untuk merayakannya. Hal ini juga termasuk salah satu cara untuk konsisten hidup sehat. Misalnya, Mama berhasil untuk makan lebih sehat selama sebulan. Berikan dirimu apresiasi atas hal ini. Cara merayakannya bisa dengan melakukan hal-hal yang Mam sukai, seperti pergi nonton bersama pasangan, ke salon, membeli buku favorit, dan lain-lain.

Dengan merayakan kemajuan akan membuatmu terus termotivasi dan semangat menjalani hidup sehat. Sekecil apapun kemajuanmu hargailah. Sebab kesuksesan dibangun dari pencapaian-pencapaian kecil yang terus dilakukan tanpa henti.


6. Jangan terburu-buru


Cara untuk konsisten hidup sehat yang berikutnya yaitu jangan terburu-buru ingin cepat berhasil atau mengambil banyak langkah dalam satu waktu sehingga Mama kewalahan. Alih-alih mulailah dengan melakukan hal yang paling mudah terlebih dahulu dan mencoba mempertahankannya serta meningkatkannya dari waktu ke waktu.

“Mulailah dari langkah termudah bahkan terkecil sekalipun yang bisa kita lakukan secara terus menerus. Sebab keberhasilan memerlukan konsistensi”

Sebab seringkali seorang pemenang bukanlah mereka yang tercepat, melainkan mereka yang melakukan secara perlahan namun mantap (slow and steady wins the race). Dan jika Mama belum melihat hasil dari usahamu dalam beberapa minggu atau bahkan bulan, maka jangan menyerah. Yang paling penting terus berusaha dan bangkit lagi saat menemui tantangan dalam prosesnya.


7. Temukan inspirasi dari orang lain


Hal ini juga termasuk salah satu cara untuk konsisten hidup sehat yang penting untuk dilakukan. Mama bisa menemukan banyak inspirasi dari orang lain yang sukses menjalankan gaya hidup sehat. Bisa melalui buku-buku, blog, sosial media, atau orang-orang di sekitar. Mama bisa belajar dari mereka bagaimana bisa mengatasi berbagai tantangan dan berusaha tetap konsisten.


8. Berada di lingkungan yang mendukung


Terakhir, Mama perlu berada di lingkungan yang mendukung. Ini akan sangat membantu untuk tetap konsisten. Bergaul dengan orang-orang yang juga menjalankan gaya hidup sehat akan membuatmu “tertular” dengan kebiasaan mereka. Sebab seperti apa lingkungan sekitarmu bisa sangat memengaruhi kehidupanmu.

Apalagi di awal-awal berusaha menjalankan gaya hidup sehat, Mama lebih membutuhkan dukungan agar semuanya terasa lebih mudah untuk dijalani.

Dengan menerapkan kiat-kiat di atas semoga bisa membantumu untuk bisa terus konsisten dalam menjalankan gaya hidup sehat. Terima kasih ya Mam, telah membaca ulasan kali ini 🙂

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 


~ Arifah ~  

Inspirasi lainnya7 Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat Secara Holistik 😍


Credit photo: istockphoto.com

 

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛