7 Manfaat Penting yang Mama Dapatkan jika Rutin Melakukan Yoga 💚


manfaat yoga untuk mama

Mama ingin olahraga yang dilakukan dengan tenang tapi bisa membuat tubuhmu sehat? Coba yoga, yuk! Saya akui bahwa jenis olahraga yang satu ini memang unik, berbeda dari yang lain. Kalau biasanya setelah olahraga tubuhmu menjadi berkeringat, lain dengan yoga yang tidak terlalu membuatmu berkeringat. Setelah saya melakukan yoga tubuh saya justru menjadi lebih tenang, karena gerakan-gerakan yoga memang dilakukan secara perlahan. 

Dulu saya juga tidak tertarik untuk melakukan yoga, hingga saya mengalami berbagai keluhan di kesehatan saya. Keinginan saya untuk sembuh dan benar-benar sehat membuat saya akhirnya berkeinginan untuk mencoba yoga. Saya akhirnya menyadari bahwa melakukan olahraga merupakan salah satu kunci utama untuk sehat optimal. 

Namun saya termasuk yang tidak terlalu suka dengan olahraga berat atau yang membuat saya terlalu berkeringat saat melakukannya. Maka dari itu yoga menjadi pilihan yang cocok untuk saya. Yoga juga tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saya tapi juga untuk kesehatan pikiran. 

Ada banyak sekali penelitian yang mengungkap berbagai manfaat dari yoga. Nah, untuk itulah di artikel kali ini saya mengulas mengenai berbagai manfaat yoga yang penting untuk Mama ketahui. Semoga dengan mengetahui manfaat-manfaat ini dirimu bisa semangat untuk mencobanya dan menjadikannya salah satu aktivitas olahraga rutinmu. Yuk, langsung saja baca hingga selesai ya, Mam! 😍


7 Manfaat Penting yang Mama Dapatkan jika Rutin Melakukan Yoga 


Bagi Mama yang belum pernah mencoba yoga, sebaiknya lakukan yoga yang khusus untuk pemula dan lakukan setiap gerakannya sesuai dengan kemampuanmu. Lakukan setiap gerakan secara perlahan dan lembut. Seiring waktu jika dirimu rutin melakukannya maka kemampuanmu dalam yoga pun akan meningkat menjadi semakin baik (semakin fleksibel dalam melakukan gerakan yoga).

Dan jangan lupa untuk selalu berusaha menyadari dan merasakan napasmu selama melakukan yoga. Karena terhubung dengan napas merupakan salah satu kunci utama supaya kamu lebih fokus pada saat ini dan bisa menikmati yoga dengan rileks. Sekarang mari kita simak beberapa manfaat penting yang akan dirimu dapatkan jika melakukan yoga secara rutin. 


1.  Membuat tubuh dan pikiranmu lebih tenang


Salah satu ciri khas dari yoga adalah gerakannya yang dilakukan dengan perlahan dan lembut. Hal inilah yang kemudian membuat tubuh dan pikiranmu menjadi tenang. Tubuh dan pikiranmu merupakan satu kesatuan yang saling memengaruhi. Itu sebabnya ketika tubuhmu tenang dengan melakukan gerakan-gerakan yoga yang lembut maka pikiranmu pun menjadi lebih tenang. 

Bukan hanya karena gerakannya yang dilakukan secara perlahan, menyadari napas pada saat yoga juga membuat tubuhmu lebih rileks dan pikiranmu fokus pada saat ini (focus on the present moment). Saat dirimu tidak sibuk memikirkan masa lalu maupun masa depan, hal ini bisa membuat pikiranmu lebih tenang. Menariknya lagi, ketika tubuh dan pikiranmu tenang, ini akan mendukung proses penyembuhan. Tubuh yang sedang sakit sangat membutuhkan ketenangan untuk lebih cepat sembuh. 💖

"Waktu paling penting yang kamu miliki bukanlah masa lalu maupun masa depan, tapi saat ini. Karena di saat inilah kamu hidup".


2.  Meningkatkan fleksibilitas tubuhmu


Gerakan-gerakan dalam yoga dapat membantu tubuhmu menjadi lebih fleksibel atau lentur dari waktu ke waktu. Ini juga yang saya rasakan setelah melakukan yoga secara rutin. Pada awal melakukan yoga saya merasa tubuh saya kurang fleksibel. Ada banyak gerakan yoga yang saya tidak bisa mengikutinya dengan optimal karena fleksibilitas tubuh saya kurang. Namun, seiring waktu saya bisa melakukan gerakan-gerakan yoga dengan lebih optimal karena tubuh saya menjadi lebih fleksibel. 💃

Menjaga tubuh tetap fleksibel sangat penting untuk mendukungmu melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah dan nyaman. Apalagi seiring bertambahnya usia fleksibilitas tubuh akan menurun jika tidak dilatih. Tubuh yang fleksibel akan membuatmu lebih leluasa atau bebas dalam bergerak serta beraktivitas. Termasuk juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga.


3.  Memperkuat otot tubuhmu


Ada banyak gerakan yoga yang bermanfaat untuk membangun kekuatan dan daya tahan otot tubuhmu. Yoga juga bisa membantu membentuk otot-otot di tubuhmu, seperti di area tangan, kaki, hingga perut. Namun, hal ini tentu saja tidak instan ya, Mam. Dirimu perlu melakukan yoga secara rutin selama beberapa waktu untuk mendapatkan hasil berupa otot yang lebih kuat dan terbentuk. 

Sama halnya dengan fleksibilitas tubuh yang menurun seiring bertambahnya usia, massa (jumlah) otot juga akan berkurang. Ketika massa otot berkurang, ini bisa mengakibatkan menurunnya mobilitas tubuh atau kemampuan tubuh untuk bergerak dengan bebas dan mudah. 

Itu sebabnya semakin tua umumnya kemampuan tubuh bergerak menjadi lebih terbatas. Banyak hal yang tidak bisa dilakukan seperti ketika masih muda dulu. Namun, hal itu tidak harus terjadi jika dirimu rutin olahraga yang bisa meningkatkan massa otot dan juga fleksibilitas tubuh, salah satunya dengan melakukan yoga.


4.  Menyehatkan jantungmu


Olahraga yoga bermanfaat untuk membantu meningkatkan aliran darah, mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, serta melemaskan pembuluh darah. Semua ini pada akhirnya bisa membuat jantungmu menjadi lebih sehat. 

Mengingat betapa pentingnya peran jantung dalam tubuhmu, yaitu untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh, maka menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang sangat perlu untuk dilakukan. Nah, olahraga yoga dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk Mama menjaga kesehatan jantung. 


5.  Membantumu tidur lebih nyenyak


Gerakan-gerakan yoga yang dilakukan secara perlahan dan lembut bisa memberikan efek relaksasi untuk tubuh dan pikiran. Fokus pada napas yang dilakukan pada saat yoga juga membantumu untuk lebih tenang. Hal ini kemudian akan membantumu untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Bahkan ada latihan yoga yang khusus untuk dilakukan sebelum tidur supaya kamu dapat tidur lebih nyenyak. 😴

Karena ketika tubuh dan pikiranmu rileks maka dirimu menjadi lebih mudah terlelap dan nyenyak. Hal ini telah didukung oleh banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang melakukan latihan yoga mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan yoga. Tertarik untuk mencobanya, Mam? 


6.  Melatih pernapasan yang lebih baik


Apakah Mama bernapas dengan sadar alias betul-betul menyadari dan merasakan napasmu (mindful breathing)? Dulu saya jarang sekali menyadari dan merasakan napas saya. Hingga akhirnya saya memahami bahwa bernapas dengan penuh kesadaran dan melakukannya dengan lebih perlahan ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Manfaat utamanya adalah untuk membuat tubuhmu lebih rileks dan pikiranmu menjadi tenang. 

Tetapi pernapasan yang sadar ini perlu dilatih, salah satunya dengan rutin melakukan yoga. Dalam yoga dirimu berlatih untuk bernapas dengan lebih sadar. Pernapasan seperti ini akan membantu menghubungkan tubuh dan pikiranmu. Sehingga pikiranmu bisa lebih fokus pada gerakan-gerakan yang dilakukan dalam yoga. Hal inilah yang kemudian akan memberikan hasil optimal dari yoga yang kamu lakukan. 😊


7.  Meningkatkan kemampuan berpikir


Terakhir, yoga juga ternyata bermanfaat untuk fungsi otak Mama. Penelitian menyatakan bahwa mereka yang melakukan yoga secara rutin mengalami peningkatan kemampuan berpikir. Yoga bisa membantu dirimu untuk lebih mudah fokus, memiliki ketajaman berpikir, dan mengingat dengan lebih baik. Tentu kamu juga menginginkan semua itu, bukan? Karena kekuatan pikiranmu sangat menentukan bagaimana kehidupanmu. 

Fungsi otak juga bisa menurun seiring bertambahnya usia, itu sebabnya sebagian orang mengalami penurunan daya ingat di saat usia tua. Yoga bisa menjadi salah satu cara untukmu menjaga kesehatan otak termasuk kemampuan berpikirmu. Sehingga dirimu bisa menjalani masa tua dengan pikiran yang sehat. 

Baiklah Mam, itulah beberapa manfaat penting yang dirimu dapat dari melakukan yoga secara rutin. Bagaimana, jadi makin tertarik untuk yoga? Selamat mencoba ya, dan terima kasih sudah membaca hingga selesai. 😉


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 5 Kiat Praktis yang Membuat Mama Makin Suka Minum Air Putih 


Credit image: freepik.com

Inspiring references: 

everydayhealth.com/fitness-pictures/10-surprising-health-perks-of-yoga.aspx 

fortune.com/well/2023/01/21/how-yoga-affects-your-body-and-brain/

verywellfit.com/top-health-benefits-of-yoga-3566733

mindbodygreen.com/articles/health-benefits-of-doing-yoga-every-day

prevention.com/fitness/a38943981/benefits-of-yoga/

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛