Apa Saja Hal-hal yang Membuat Mama Bahagia? 💛



hal hal yang membuat mama bahagia



Semua orang pasti ingin BAHAGIA, termasuk saya dan dirimu, iya kan Mam? 😍 Dulu saya berpikir bahwa bahagia itu kalau saya mendapatkan ini dan itu, atau berada dalam keadaan ini dan itu. Ya intinya saya mengaitkan kebahagiaan dengan hal-hal yang di luar diri saya. Belakangan saya sadar bahwa pemikiran saya mengenai kebahagiaan itu belum tepat. Karena itu berarti saya menggantungkan kebahagiaan kepada hal-hal yang tak bisa saya kendalikan. 

Saya tidak bisa mengendalikan apa yang akan terjadi di masa depan dan saya juga tidak bisa mengendalikan orang lain. Satu hal yang bisa saya kendalikan adalah diri saya sendiri. Setuju, Mam? Sekarang saya memahami bahwa kebahagiaan yang sesungguhnya itu berasal dari dalam diri sendiri. Kebahagiaan itu kita sendiri yang bisa mengusahakannya, menciptakannya di hati kita namun diawali dari pikiran kita. 

Nah, di artikel kali ini saya berbagi informasi menarik mengenai hal-hal yang membuat Mama bahagia. Mama tidak perlu lagi menunggu apalagi mencari kebahagiaan. Dirimu hanya perlu melakukan cara-cara di bawah ini 😉


Hal-hal yang Membuat Mama Bahagia


Buat saya menjadi BAHAGIA itu penting. Karena saat kita merasa bahagia otomatis kita juga menjadi lebih nyaman dan semangat menjalani hidup. Hidup jadi terasa makin indah. Selain itu, saya juga percaya bahwa mama yang bahagia akan menularkan energi tersebut kepada anaknya. Keluarga bahagia dimulai dari mama yang bahagia, iya kan? 💖

Hal-hal yang membuat Mama bahagia berikut ini bisa dirimu terapkan secara perlahan satu persatu. Dan jangan lupa dimulai dari yang paling mudah untukmu, ya. Karena yang paling penting setelah kita mengetahui sesuatu yang bermanfaat (ilmu) adalah menerapkannya. Yuk Mam, langsung saja simak ulasannya!

1.  Tidak membandingkan dirimu dengan orang lain


Ya, ini adalah hal pertama yang kita perlu lakukan untuk bahagia. Berlatihlah untuk tidak membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain (mama-mama lainnya, termasuk yang dirimu lihat di Instagram 😅). Mama tentu sudah cukup sering mendengar nasihat yang satu ini, iya kan? Saya juga dulu pernah begitu mudahnya membandingkan diri saya dengan orang lain. 

Misalnya, saya melihat mama lain memiliki suami yang tampak sempurna, sementara saya sudah bertahun-tahun masih menjadi single mom. Mama lain bisa berhasil menyusui anaknya dengan ASI berlimpah, sementara saya belum merasakan bagaimana rasanya hal itu. Mama lain bisa pergi jalan-jalan ke mana pun mereka mau (bahkan keluar negeri) dengan mudah, sementara saya pergi keluar Pulau Jawa saja belum pernah. Dan lain-lain.. 😅

Lalu apa yang saya dapatkan dengan membanding-bandingkan diri dengan orang lain seperti itu? Perasaan tidak enak. Hal itu sama sekali tidak memberi manfaat, malah merugikan diri kita. Perlahan saya menyadari bahwa saat saya mengubah cara berpikir saya, dari membandingkan ke mensyukuri, saya justru merasa damai dan lebih mudah bahagia. 

Sekarang, saat ada kecenderungan untuk membandingkan diri saya dengan orang lain, saya memilih untuk mensyukuri dan menghargai apa yang Tuhan berikan dan apa yang saya miliki saat ini. Saya juga ikut mensyukuri apa yang Tuhan berikan pada orang lain. Jadi, saat melihat orang lain memiliki kehidupan yang bahagia, saya mengucap syukur. Saya percaya apa yang kita syukuri akan kembali menjadi kebaikan untuk diri kita. Setuju, Mam? 😍

2.  Ucapkan hal-hal baik dan indah terhadap diri sendiri


Ini juga termasuk salah satu hal yang membuat Mama bahagia. Apa yang dirimu ucapkan pada diri sendiri pada akhirnya akan membentuk kepercayaan atau keyakinan dalam dirimu (tanpa disadari). Jika dirimu terbiasa mengatakan hal-hal yang tidak positif kepada diri sendiri, misalnya, "Tubuhku tidak menarik", "Wajahku tidak cantik", "Aku tidak pintar", dan lain-lain. 

Kata-kata tersebut akan masuk ke pikiran bawah sadar dan menciptakan keyakinan diri bahwa kita memang benar seperti apa yang kita ucapkan tersebut. Memiliki keyakinan yang tidak positif (tidak baik) terhadap diri sendiri tentu saja akan membuat kita tidak mudah bahagia. Sebaliknya, keyakinan yang positif akan membuat kita lebih bahagia. 

Jadi, mulai sekarang berlatihlah untuk mengubah pikiran yang negatif menjadi positif (You can do that, Mam!) 💪 Mama bisa melatih dirimu untuk terbiasa mengucapkan hal-hal yang baik dan indah terhadap diri sendiri. Seperti "I love you, myself", "Aku cantik, dan aku bersyukur", atau "Aku bisa menjadi semakin baik" dan lain-lain. 

3.  Hilangkan rasa bersalahmu


Sebaik apa pun kita berusaha untuk menjadi mama yang baik bagi anak, kita tetap tidak akan pernah menjadi sempurna. Pasti ada kesalahan, ada kekurangan, dan kita semua memiliki kelemahan. Saat dirimu sudah berusaha dengan baik, namun tetap ada kekurangan dan kesalahan di sana dan di sini, itu sangat wajar, Mam. Tidak perlu merasa bersalah hingga membuatmu merasa tidak nyaman dengan dirimu sendiri. 

Oke, kecenderungan untuk merasa bersalah adalah hal yang normal. Tapi pastikan rasa bersalah itu tidak berlarut-larut. Ada hari di mana kita lebih banyak meluangkan waktu untuk kepentingan diri sendiri dibanding anak. Ada kalanya kita kurang sabar dan berbicara dengan nada terlalu tinggi saat mereka melakukan hal yang tidak kita inginkan. Ada kalanya kita tidak maksimal dalam menjalankan peran sebagai mama. Dan lain-lain. That's okay, Mam 😘

Percayalah, dirimu tidak perlu menjadi sempurna untuk bisa menjadi ibu yang baik. Cukuplah menjadi ibu yang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak dari waktu ke waktu. Saat melakukan kesalahan, maafkanlah diri sendiri. Jika perlu Mama juga bisa meminta maaf pada anak untuk membuatmu lebih lega. 

4.  Luangkan waktu rutin untuk menikmati me time


Hal yang membuat Mama bahagia berikut ini juga sangat penting untuk dirimu terapkan secara rutin, sebaiknya setiap hari. Terkadang setelah menjadi mama kita jadi kurang memiliki waktu untuk diri sendiri (me time), apalagi bagi mama yang baru saja melahirkan maupun memiliki anak usia dini. Fokus kita seolah hanya anak dan anak. Padahal meluangkan waktu dan menikmati waktu untuk diri sendiri akan membuat Mama lebih mudah bahagia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari serta peranmu sebagai mama.

Me time ini bisa berupa apa saja, yang penting dirimu menikmatinya. Bisa melakukan hobi, apakah itu membaca, menulis, mendengarkan musik, dan lain-lain. Bisa juga melakukan hal-hal kecil yang menenangkan seperti menikmati secangkir coklat hangat yang manis atau menggunakan masker wajah dengan aroma khas kesukaanmu. Apa pun itu lakukan me time ini setiap hari, meski hanya 15 menit. Sebaiknya hindari distraksi (gangguan) termasuk dari gadget 😛 Sehingga dirimu bisa lebih fokus menikmati waktumu bersama diri sendiri.

5.  Berusaha untuk bersikap lebih santai


Dulu saya termasuk yang sering merasa terburu-buru dalam melakukan sesuatu. Sepertinya dulu saya cukup ahli dalam hal ini. 😆 Hingga pada satu saat saya menyadari kebiasaan terburu-buru ini bisa jadi salah satu pemicu masalah kesehatan saya. Bukan hanya tidak baik untuk fisik, tapi juga pikiran (mental) dan hati (emosional). Akhirnya perlahan saya berusaha untuk lebih santai, tenang, dan rileks. 

Saya menyadari bahwa saat terburu-buru saya jadi tidak menikmati momen dan aktivitas yang saya lakukan. Dan saat kita tidak menikmati, bagaimana mungkin kita bisa bahagia, iya kan? Sebaliknya, saat saya santai, tenang, dan rileks, semuanya terasa lebih damai dan saya lebih mudah merasakan kebahagiaan dari aktivitas saya tersebut. 

Namun, bukan hanya soal terburu-buru. Saya juga dulu termasuk tipe orang yang tidak mudah untuk berpikir santai. Sering kali hal sepele menjadi rumit. Ini disebabkan oleh pola pikir yang tidak tepat dan kaku. Tentu saja hal ini merugikan diri sendiri. Bersyukur akhirnya saya bisa belajar mengubah pola pikir saya menjadi lebih santai dan fleksibel. Meski hingga saat ini pun saya masih berlatih untuk bisa memiliki pola pikir yang semakin baik. 

Jadi Mam, ayo berusaha untuk lebih santai supaya kita bisa lebih nyaman dan mudah bahagia. Sikap santai juga bisa membuatmu terhindar dari stres, loh. 

6.  Sederhanakan jadwal harianmu


Apa dirimu punya jadwal harian? Kita juga perlu loh punya jadwal harian. Ini bisa membantu Mama untuk mengelola waktu serta aktivitasmu. Ya, minimal kita punya daftar kegiatan penting apa saja yang perlu kita lakukan setiap harinya. Jadwal harian ini bisa fleksibel kok, dibuat sesuai versi dirimu. Kalau saya jadwal harian hanya berupa to do list mengenai hal-hal apa saja yang saya prioritaskan untuk dilakukan setiap harinya. As simple as that! 😎

Nah, buatlah jadwal harian yang lebih sederhana supaya dirimu lebih nyaman dan santai. Pastikan dirimu memilih hanya aktivitas yang betul-betul prioritas untukmu. Karena yang terpenting bukan kuantitas atau berapa banyak hal yang kita lakukan, tapi bagaimana kualitasnya. Jadwal yang padat atau terlalu banyak akan membuat kita terlalu sibuk dan kewalahan. Hindari berpikir bahwa dirimu harus melakukan semuanya. 

"Hidup menjadi lebih simpel dan bahagia saat kita menyederhanakannya"

7.  Belajar mencintai diri sendiri


Bagi saya ini adalah hal yang membuat Mama bahagia paling utama, yaitu saat kita bisa mencintai diri sendiri. Ketika kita memberikan CINTA pada diri sendiri otomatis kita lebih mudah bahagia. Semua terasa lebih nyaman, lebih menyenangkan, lebih mudah. 

Namun cinta terhadap diri sendiri tidak datang dengan sendirinya, Mam. Kita perlu belajar dan berlatih untuk bisa mencintai diri sendiri. Dan ini merupakan sebuah proses. Kita membutuhkan waktu untuk bisa betul-betul mencintai diri sendiri. Dan setelah kita bisa mencintai diri sendiri, kita juga perlu menjaga dan merawat cinta tersebut. Salah satunya adalah dengan rutin meluangkan waktu untuk diri sendiri (me time). 

Cara untuk mencintai diri sendiri dimulai dari mengenali diri sendiri. Dan ketika kita belajar mencintai diri sendiri, kita pun akan belajar bagaimana menerima, memahami, menghargai, memaafkan, dan menyemangati diri sendiri. Indah kan, Mam? 💖

Yesss, itulah Mam beberapa hal yang bisa membuatmu bahagia. Manakah yang menurutmu paling mudah untuk diterapkan lebih dahulu? Yuk, dimulai dari sana, ya! Terima kasih sudah membaca hingga selesai 😘

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 9 Cara Meningkatkan Kesehatan Emosional yang Penting untuk Mama Terapkan


Credit photo: dreamstime.com

References:

motherhoodsprouting.com/10-ways-to-become-a-happier-mom/

yourmodernfamily.com/10-secrets-of-a-happy-mom/

parentcircle.com/how-to-be-a-happy-mom/article



Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛