8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍



cara meningkatkan kecerdasan spiritual



Bahasan mengenai kecerdasan spiritual ini merupakan hal yang baru saya ketahui belakangan ini. Ini baru saya ketahui setelah saya mengenal apa itu kesehatan spiritual.  Menurut saya ini merupakan salah satu kecerdasan yang penting untuk kita miliki.

Bisa jadi Mama lebih akrab dengan istilah kecerdasan intelektual (IQ – intelligence quotient) daripada kecerdasan spiritual (SQ – spiritual quotient). Padahal kecerdasan yang satu ini juga sama pentingnya dengan IQ. Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan kita untuk memaknai hidup dengan nilai-nilai kebijaksanaan, serta berperilaku penuh kasih terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitarnya sambil menjaga kedamaian lahir batin.

Di artikel kali ini, saya membagikan beberapa cara meningkatkan kecerdasan spiritual yang penting untuk Mama lakukan. Sebab dengan meningkatnya kecerdasan spiritual akan membantumu merespon segala sesuatu dalam hidup dengan lebih damai. Yuk, baca selengkapnya ulasan di bawah ini 😊


8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai


Percayalah, kecerdasan spiritual ini bisa dipelajari dan dilatih. Itu artinya semua orang bisa memiliki kecerdasan yang satu ini dan meningkatkannya dari waktu ke waktu. Semakin kita berlatih maka semakin baik pula kecerdasan spiritual kita.

Untuk mempelajarinya, Mama tidak perlu pergi ke tempat belajar khusus atau mengikuti pelatihan tertentu. Dirimu bisa memulainya dari menerapkan beberapa cara meningkatkan kecerdasan spiritual berikut ini.

Mulailah dengan memilih satu cara yang menurutmu paling mudah dan nyaman untuk dilakukan. Kemudian lakukan dengan konsisten hingga Mama merasakan manfaatnya. Setelah itu lanjutkan cara berikutnya.


1. Meluangkan waktu terhubung dengan diri sendiri


Cara meningkatkan kecerdasan spiritual yang pertama adalah meluangkan waktu untuk terhubung dengan diri sendiri. Hal ini akan membantumu untuk bisa memahami diri sendiri dengan lebih baik. Sama halnya saat Mama ingin memahami orang lain dengan baik tentu dirimu perlu terhubung, mengenal, dan berkomunikasi dengannya, bukan? Nah, begitupun dengan dirimu sendiri.

Rutinlah meluangkan waktu dengan diri sendiri dan berkomunikasi dengan diri sendiri. Ini memungkinkan dirimu untuk memproses pikiran serta emosi dengan lebih baik tanpa gangguan dari luar. Menulis jurnal merupakan salah satu cara terbaik untuk terhubung dengan diri sendiri. Jangan lupa matikan sejenak handphone-mu untuk bisa fokus pada diri sendiri.

Bisa jadi peran sebagai mama membuat kita seringkali tidak sempat meluangkan waktu untuk terhubung dengan diri sendiri. Ya, saya bisa memahaminya. Tapi saya berpikir bahwa saat kita menjadi pribadi yang lebih baik maka orang-orang terdekat (keluarga di rumah) juga akan merasakan manfaatnya. Saat kita merasakan kedamaian dalam diri, otomatis kita bisa menjalankan peran sebagai mama dengan lebih tenang 😊 Setuju?


2. Melatih keheningan


Masih berkaitan dengan cara yang pertama tadi, melatih keheningan juga dapat membantumu bisa terhubung dengan diri sendiri. Khususnya terhubung dengan jiwamu. Hening artinya dirimu berada dalam situasi yang tenang, menjauh sejenak dari kebisingan dunia luar, termasuk yang ada di handphone-mu.

Tahukah Mama, bahwa jiwamu selalu “berbisik” kepadamu? Namun, kita tidak bisa mendengar pesan yang disampaikan oleh jiwa jika kita tidak memberi kesempatan atau memberi ruang untuk itu.

Mama bisa melatih keheningan dengan berbagai cara, salah satunya dengan rutin melakukan meditasi. Ada berbagai jenis meditasi yang bisa Mama lakukan. Pilihlah yang paling nyaman dan mudah untukmu.

Sebagai langkah awal mulailah meditasi dari durasi yang paling ringan, misalnya 5 menit. Lakukan setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu namun konsisten. Meditasi bermanfaat untuk membantumu fokus pada diri sendiri dan merasa lebih damai.

Waktu awal saya melakukan meditasi beberapa tahun lalu, saya hanya melakukannya selama 5 menit dan itu pun sempat berhenti selama beberapa bulan. Namun akhirnya saya kembali melakukan meditasi dan berusaha konsisten hingga saat ini. Sekarang waktu meditasi saya hanya 15 menit setiap harinya dan terkadang ada hari-hari di mana saya tidak sempat melakukannya 😉 But that’s okay!


3. Melatih kesadaran diri (self awareness)


Ini juga termasuk salah satu cara meningkatkan kecerdasan spiritual yang perlu Mama lakukan. Kesadaran diri atau self awareness merupakan hal yang sangat penting untuk Mama latih. Sebab manfaatnya bukan hanya untuk meningkatkan kecerdasan spiritual saja, tapi lebih dari itu. Ini adalah kunci untuk menjadikan hidupmu lebih baik.

Perubahan dalam hidupmu ke arah yang lebih baik terjadi setelah dirimu menyadari bahwa ada hal-hal yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan. Semakin baik kesadaran diri Mama, maka semakin baik pula kemampuanmu dalam mengendalikan diri.

Mindfulness maupun menulis jurnal, keduanya bisa membantu Mama melatih kesadaran diri. Tapi yang penting untuk Mama ingat adalah hal ini membutuhkan proses atau waktu untuk mendapatkan hasil yang optimal. Melatih kesadaran diri memerlukan kesabaran dalam prosesnya. Namun semuanya berharga untuk dilakukan 😉


4. Mempelajari berbagai ilmu berkaitan dengan spiritualitas


Ya, tentu Mama perlu belajar jika ingin lebih bisa memahami sesuatu, iya kan? Jadi, pelajari berbagai ilmu yang berkaitan dengan spiritualitas supaya dirimu semakin mengerti mengenai hal tersebut.

Mama bisa belajar dengan cara membaca artikel blog, mendengarkan podcast, menonton video YouTube, hingga membaca buku. Pilihlah sumber yang terpercaya untuk memastikan dirimu mendapatkan informasi yang berkualitas.

Semakin banyak yang Mama ketahui dan pelajari mengenai spiritualitas maka semakin bertambah ilmu tersebut. Aplikasikan sedikit demi sedikit dari apa yang telah dirimu pelajari ke dalam kehidupanmu sehari-hari. Inilah yang akan membuat ilmu tersebut menjadi berkembang dan Mama menjadi semakin cerdas.

“Yang terpenting dari ilmu yang kita miliki bukanlah berapa banyak jumlah ilmu tersebut, tapi berapa banyak ilmu yang sudah kita terapkan ke dalam diri kita”

 

5. Berpikiran terbuka


Mama perlu membuka pikiran untuk bisa menerima informasi baru. Ini merupakan salah satu cara untuk bisa mempelajari sesuatu dengan lebih baik dan bijak. Berpikiran terbuka juga dapat diartikan sebagai kesediaanmu untuk memahami sesuatu sebagaimana adanya tanpa penilaian (judgement) bukan seperti yang dirimu pikirkan.

Sebab di dunia ini ada berbagai sudut pandang yang berbeda. Sehingga Mama pasti akan menemukan adanya perbedaan-perbedaan dari berbagai sumber informasi yang dirimu dapatkan. Namun, percayalah bahwa seiring waktu jika Mama terus belajar mengenai sesuatu hal, intuisimu akan menuntunmu untuk bisa lebih baik dalam memahami berbagai sudut pandang yang berbeda tersebut.


6. Mengevaluasi diri


Hal yang satu ini juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan spiritualmu. Luangkan waktu untuk mengevaluasi kehidupanmu dari waktu ke waktu. Ini bisa Mama lakukan setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali. Masih tidak bisa juga? Baiklah, setidaknya lakukan evaluasi diri setahun sekali.

Renungkan hal-hal apa saja dari dirimu yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki. Dengan melakukan evaluasi diri akan membantumu memahami diri sendiri dengan lebih baik. Dan yang pasti evaluasi diri ini bisa membuatmu berkembang menjadi lebih baik.


7. Jalani hidupmu disertai niat yang selaras dengan tujuan hidup


Tujuan hidup merupakan misi jangka panjang yang ingin dirimu jalani. Saya percaya setiap manusia memiliki tujuan hidupnya masing-masing. Namun tujuan hidup ini terkadang harus Anda cari dan temukan terlebih dahulu untuk bisa mengetahui dan memahaminya.

Dengan menerapkan beberapa cara dalam daftar ini, perlahan Mama bisa menemukan tujuan hidupmu seiring dengan semakin meningkatnya kecerdasan spiritualmu. Tujuan hidup tersebut terasa semakin jelas dan dirimu semakin bisa memahaminya.

Lalu apa kaitannya dengan niat? Niat adalah alasan atau maksud dari setiap hal yang Mama lakukan. Niat ini akan membantumu menyelaraskan hidupmu dengan tujuan hidupmu. Jadi, jalani aktivitas sehari-harimu dengan niat yang sesuai dengan tujuan hidupmu.

Coba cek kembali niatmu dalam melakukan aktivitas sehari-hari apakah sudah sesuai dengan tujuan hidupmu? Jika belum, niatkan aktivitasmu untuk mencapai tujuan hidupmu. Dengan kata lain selaraskan niat dengan tujuan hidup.


8. Pahami bahwa dirimu dan alam semesta saling terkait


Tahukah Mama, bahwa semua yang dirimu pikirkan, katakan, dan lakukan pada akhirnya akan berdampak pada keadaan di sekitarmu. Jika Mama menebarkan energi yang positif maka hal-hal positif pula yang akan dirimu peroleh di alam semesta ini, begitu pun sebaliknya. Ini karena semua yang ada di alam semesta ini saling terkait.

Energi baik yang Mama tebarkan pada alam semesta kemudian akan berbalik menjadi hal-hal yang baik pula untuk dirimu. Seperti kata pepatah bahwa kita hanya akan menuai apa yang kita tanam. Jadi jika Mama menginginkan hal-hal baik terjadi dalam hidupmu pertama-tama ubahlah energi dalam dirimu menjadi lebih baik.

Itulah beberapa kiat yang Mama bisa lakukan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual. Ingat, lakukan secara perlahan satu per satu. Karena menikmati proses merupakan hal yang sangat penting agar Mama bisa konsisten 😊


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 8 Alasan Mengapa Mama Perlu Sehat secara Spiritual

Credit photo: pixabay.com

References:

medium.com/create-now/spiritual-intelligence-part-3-of-7-the-3-main-benefits-of-developing-it-5d29c9ac16b4

medium.com/create-now/spiritual-intelligence-part-4-of-7-5-different-habits-and-routines-for-development-5ff89adbc139

evercoach.com/blog/spiritual-intelligence/

indoindians.com/improve-your-spiritual-quotient/

consciousconnectionmagazine.com/2012/10/the-twenty-one-skills-of-spiritual-intelligence/


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛