8 Tips Cantik Luar Dalam yang Membuat Mama Lebih Percaya Diri 💖



tips cantik luar dalam



Dulu, sama seperti sebagian orang, saya pun beranggapan bahwa yang benar-benar cantik itu adalah mereka yang memiliki kulit putih bersih mulus, bentuk wajah yang terlihat tanpa cela, serta bentuk tubuh yang ideal. Namun, belakangan saya berlatih mengubah pola pikir saya. Bagi saya setiap wanita itu cantik dengan versinya masing-masing. Saya cantik, begitu pun dirimu, kita semua cantik! 🙂

Semua wanita tentunya ingin menjadi cantik, iya kan? Tahukah dirimu bahwa sebenarnya setiap wanita pasti memiliki kecantikan dalam dirinya yang seringkali tidak langsung terlihat oleh orang lain. Inilah yang dinamakan cantik dari dalam atau yang biasa disebut inner beauty. Sesungguhnya kecantikan dari dalam dirimulah yang akan membuat keindahan dirimu terpancar seutuhnya.

Jadi, sekarang saatnya Mama juga memperhatikan kecantikan dari dalam dirimu. Sebab kecantikan batin (inner beauty) juga tak kalah pentingnya dengan kecantikan luar yang terlihat melalui fisik atau penampilan.

Di artikel kali ini saya mengulas berbagai tips cantik luar dalam yang bisa Mama lakukan untuk membuatmu lebih percaya diri. Selamat menyimak hingga selesai, ya!


8 Tips Cantik Luar Dalam yang Membuat Mama Lebih Percaya Diri


Saya percaya bahwa setiap wanita itu memiliki kemampuan untuk mengeluarkan kecantikan dalam dirinya. Semua wanita bisa menjadi cantik luar dalam. Namun bukan cantik dengan kriteria yang saat ini banyak tertanam di masyarakat, bahwa cantik itu harus berkulit putih, bertubuh langsing, berwajah rupawan, dan lain-lain. Akan tetapi cantik dengan keunikannya masing-masing.

Saat ini saya sedang belajar melatih pikiran untuk mendefinisikan cantik secara lebih menyeluruh, bukan hanya soal fisik tapi juga hati, pikiran, dan jiwa. Dan saat menilai fisik, saya berusaha meyakini bahwa setiap wanita cantik dengan versi mereka sendiri. Jadi sebenarnya tidak ada istilah A lebih cantik daripada B, karena karakterisitik cantik masing-masing orang tidaklah sama.

Mama bisa mencoba menerapkan beberapa tips cantik luar dalam berikut ini untuk membantu memancarkan kecantikan yang sebenarnya telah ada di dalam dirimu.


1. Miliki pikiran yang baik


Cara pertama untuk cantik luar dalam berawal dari pikiranmu mengenai dirimu sendiri. Karena kita adalah apa yang kita pikirkan. Pernah dengar ungkapan tersebut, kan? Itu benar. Untuk merasa dan menjadi cantik luar dalam, Mama harus menanamkan keyakinan bahwa dirimu memang cantik ke dalam pikiranmu. Jika dirimu sendiri tidak yakin akan hal itu, maka bagaimana orang lain bisa meyakininya. Setuju? 🙂

Miliki pikiran yang baik, yang positif, yang indah terhadap diri sendiri. Sebab pikiranmu bisa menjadi kekuatanmu. Pikiran yang baik akan menghasilkan perasaan dan sikap yang baik pula. Dan kemudian hal tersebut akan tercermin sebagai keindahan dalam dirimu.

Ya, terkadang kita memiliki pikiran yang tidak positif terhadap diri sendiri yang akhirnya membuat kita merasa tidak nyaman. Untuk itu Mama perlu berlatih untuk mengganti pikiran yang tidak positif tersebut dengan pikiran yang positif. Katakan hal-hal yang indah kepada diri sendiri setiap hari dan lihatlah bagaimana keadaan dalam dirimu berubah seiring waktu.


2. Cintai diri sendiri seutuhnya


Tips cantik luar dalam yang selanjutnya yaitu cintai dirimu sendiri seutuhnya. Pertama-tama, Mama perlu belajar mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Sebab kita tidak bisa betul-betul mencintai sesuatu yang kita tidak mengenalnya. Cara mengenal diri sendiri di antaranya dengan berlatih untuk berdialog dengan diri sendiri serta memahami kelebihan dan kekuranganmu.

Hal berikutnya dalam mencintai diri sendiri adalah menerima kekuranganmu. Bagaimanapun kekurangan tersebut merupakan bagian dari dirimu. Tapi ada kekurangan yang bisa diubah dan Mama bisa mengusahakannya melalui proses belajar dan melatih diri. Sehingga Mama bisa berkembang menjadi lebih baik.

Dan ada kekurangan yang tidak bisa diubah, namun Mama bisa menjadikannya sebagai keunikan dirimu. Syukuri dan hargai kekurangan yang tidak bisa diubah, ini akan membantumu untuk bisa berdamai dan merasa nyaman dengan kekurangan tersebut.

“Orang pertama yang paling berhak menerima cintamu adalah dirimu sendiri. Hal ini merupakan jalan untukmu bisa lebih bahagia dan mencintai orang lain dengan lebih baik”

 

3. Merawat diri dengan baik


Ini merupakan salah satu wujud dari mencintai diri sendiri. Saat kita mencintai sesuatu tentunya kita berusaha memberikan yang terbaik untuk yang kita cintai. Merawat diri bukan hanya soal kulit atau wajah, tapi secara keseluruhan. Mulai dari kesehatan tubuh, mental, emosional, dan spiritual. Sebab keempat aspek tersebut saling berkaitan dan memengaruhi satu sama lain.

Jadi jika Mama ingin cantik luar dalam, rawatlah dirimu secara menyeluruh. Pertama, sebisa mungkin jaga pola makan dengan meminimalkan konsumsi makanan minuman yang kurang baik untuk tubuh. Kedua, olahraga secara rutin. Ketiga, tidur yang cukup dan berkualitas.

Ketiganya adalah kiat utama yang Mama perlukan untuk mendukung kesehatanmu. Dan jangan lupakan juga untuk merawat penampilanmu. Merawat wajah, rambut, hingga kulit tubuh juga sama pentingnya dengan merawat diri dari dalam.


4. Banyak senyum dan tertawa


Dan ini menjadi tips cantik luar dalam yang paling mudah untuk Mama lakukan. Bukan hanya mudah, untuk tersenyum dan tertawa Mama juga tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun serta bisa melakukannya sesering yang dirimu inginkan. Saat tersenyum Mama terlihat jadi lebih menarik. Percayalah!

Sedikit cerita, saya dulu termasuk orang yang tidak mudah tersenyum. Sampai saat ini pun sepertinya hal ini masih berlaku terhadap orang-orang tertentu. Ups! Tapi sekarang saya jauh lebih mudah tersenyum dan tertawa.

Bukan hanya saat saya sedang berinteraksi dengan orang lain tapi juga saat sedang terhubung dengan diri sendiri. Saat bercermin saya suka tersenyum pada diri sendiri. Saya pun sesekali tertawa saat sedang berkomunikasi dengan diri sendiri.

Mulailah berlatih lebih banyak tersenyum dan tertawa saat dirimu sedang berinteraksi dengan diri sendiri. Dirimu adalah orang pertama yang membutuhkan senyum dan tawa tersebut untuk merasa bahagia. Kemudian rasa bahagia itu akan memancarkan kecantikan dari dalam dirimu.


5. Menjadi pribadi yang menyenangkan


Siapa yang tidak mengagumi orang yang memiliki kepribadian menyenangkan, iya kan? Mereka yang bersikap ramah, bersemangat, berpikir optimis, serta memiliki energi positif tentunya jadi terlihat lebih cantik dan menarik. Untuk menjadi pribadi yang menyenangkan Mama bisa melatih dirimu. Sebab hal ini merupakan kemampuan yang bisa dipelajari.


6. Belajar menjadi baik


Bagaimanapun orang yang baik tentunya terlihat lebih menarik dan disukai dibanding mereka yang cantik namun memiliki sikap yang tidak baik. Seseorang yang memiliki hati baik akan memancarkan keindahan dalam dirinya dan itu bisa dilihat serta dirasakan oleh orang-orang di sekitarnya.

Menjadi baik merupakan proses belajar yang perlu kita lakukan sepanjang hidup. Hal ini bukanlah tujuan ataupun pencapaian namun sebuah proses dalam hidup. Menjadi baik tidak selalu harus melakukan hal-hal yang besar. Mengucapkan perkataan yang baik serta berpikiran baik juga termasuk kebaikan. Mulailah dari hal-hal kecil yang bisa Mama lakukan.


7. Nyaman menjadi diri sendiri


Tentu saja Mama perlu merasa nyaman dengan diri sendiri untuk terlihat cantik luar dalam. Saat Mama nyaman dengan diri sendiri, dirimu bisa tampil jadi diri sendiri dengan percaya diri tanpa harus terlalu memikirkan apa kata orang lain maupun mengikuti standar kecantikan yang kurang fleksibel.

Rasa nyaman dengan diri sendiri pada akhirnya juga akan membuatmu lebih bahagia dan damai. Tahukah kamu, tidak ada seorang pun yang bisa membuatmu nyaman menjadi diri sendiri selain dirimu. Maka dari itu belajarlah untuk nyaman dengan diri sendiri dengan cara mencintai, menerima, mensyukuri, merawat diri, serta meningkatkan kualitas/kemampuan dirimu.


8. Lebih santai


Hal ini penting untuk Mama lakukan agar bisa terlihat lebih cantik luar dalam. Menjadi lebih santai membuatmu damai serta terhindar dari stres. Stres bukan hanya mengganggu kesehatan fisik, mental, maupun emosional tapi juga berdampak pada penampilan dan kecantikanmu.

Jadi berusahalah untuk selalu meluangkan waktu setiap harinya untuk bisa lebih santai. Ada banyak hal yang bisa Mama lakukan untuk bisa lebih santai, mulai dari berlatih menerapkan mindfulness ataupun mindful breathing, meditasi, menulis jurnal, meluangkan waktu untuk diri sendiri alias me time, maupun hal-hal lainnya yang bisa membuatmu merasa santai.

Setiap orang punya cara masing-masing untuk membuat mereka merasa lebih santai. Pilih cara yang paling nyaman dan ampuh untuk dirimu lakukan. Buat saya, cara mudah yang membuat saya lebih santai seketika adalah dengan me time sejenak mendengarkan lagu favorit dan menikmatinya sambil ikut menggoyangkan badan atau bersenandung. It’s a beautiful time for me!

Ya, itulah beberapa kiat yang bisa dirimu lakukan untuk jadi lebih cantik luar dalam. Terapkan satu demi satu langkah dan mulailah dari cara yang paling mudah untukmu. Okay, Mam! 😊

 

💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~

 

Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : Bagaimana Cara Cantik Alami Tanpa Makeup yang bisa Mama Lakukan?

Credit photo: wallpaperbetter.com

References:

beauty.onehowto.com/article/how-to-be-beautiful-inside-and-out-2708.html

womanitely.com/tips-follow-be-more-beautiful-on-the-inside/

deliciousliving.com/beauty/9-everyday-ways-i-embrace-beauty-from-the-inside-out/

thebeautychef.com/blogs/articles/5­-ways-to-cultivate-inner-beauty

thelawofattraction.com/feel-beautiful-with-these-15-top-tips-for-true-inner-beauty/

thehealthy.com/mental-health/self-care/7-ways-to-reveal-your-inner-beauty/


Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛