Apa Ya Cara Mudah untuk Mengubah Hidup Mama jadi Lebih Baik? 💖



cara mudah untuk mengubah hidup mama jadi lebih baik



Mama ingin hidupmu menjadi lebih baik lagi? Hidup yang terus berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu merupakan salah satu kunci kebahagiaan. Bagi saya menjalani hidup yang berkembang lebih baik dari waktu ke waktu adalah sebuah proses yang terus dijalani seumur hidup. Sama halnya dengan jumlah usia kita yang terus bertambah dari tahun ke tahun, begitu pula dengan kualitas hidup kita yang sebaiknya terus meningkat. Setuju? 

Percaya Mam, kalau dirimu pasti bisa menjalani hidup yang lebih baik lagi. Pola pikir inilah yang pertama-tama perlu Mama miliki dan tanamkan dalam pikiranmu. Sebab keyakinanmu inilah yang akan membuat semua usahamu menjadi lebih mudah dan berhasil. Di artikel kali ini saya membagikan beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk membuat hidupmu menjadi lebih baik lagi. Yuk, baca sampai selesai untuk mendapatkan informasi yang maksimal 😍


7 Cara Mudah untuk Mengubah Hidup Mama jadi Lebih Baik


Supaya prosesnya menjadi lebih mudah, pilihlah satu cara yang paling nyaman untuk dirimu lakukan. Dan mulailah dari sana. Terapkan cara tersebut secara perlahan dalam keseharianmu dengan konsisten. Setelah beberapa waktu, jika dirimu sudah siap maka lanjutkan dengan cara berikutnya. Begitu seterusnya hingga cara-cara tersebut kemudian menjadi bagian dari kebiasaan baikmu. Intinya, lakukan secara bertahap dan berusaha menikmati. Okay, Mam! 😉


1.  Luangkan waktu untuk diri sendiri


Cara untuk mengubah hidup Mama jadi lebih baik yang pertama adalah rutin meluangkan waktu untuk diri sendiri setiap harinya alias me time. Lakukan hal-hal yang Mama sukai, meski itu hanya bersantai-santai sambil rebahan di sofa kesayangan atau sekadar menikmati camilan manis favoritmu ditemani minuman hangat. Apa pun itu, lakukanlah! Selama itu bisa membuat dirimu senang dan lebih rileks di sela-sela aktivitas harianmu. 

Salah satu cara saya meluangkan waktu untuk diri sendiri yaitu dengan melakukan beauty routine dan menikmatinya. Di mana saya menggunakan skincare kesukaan sambil ditemani musik atau lagu favorit. Bukan hanya itu sih, waktu membaca juga termasuk me time saya, karena saya suka sekali membaca 😍

Melakukan aktivitas yang dirimu sukai akan meningkatkan semangat dan rasa bahagia. Jadi, kalau saat ini dirimu merasa kurang bersemangat dan butuh energi tambahan, ayo isi ulang energimu dengan meluangkan lebih banyak me time. Oya, sebaiknya saat me time istirahatkan sejenak penggunaan gadget supaya dirimu bisa lebih terhubung dengan diri sendiri. 


2.  Lebih mengenal diri sendiri


Setelah Mama rutin meluangkan waktu untuk diri sendiri, cara berikutnya untuk mengubah hidupmu jadi lebih baik yaitu belajar lebih mengenal diri sendiri. Ini juga termasuk cara ampuh untuk dirimu bisa mencintai diri sendiri. Karena kita harus mengenal diri kita terlebih dahulu untuk bisa betul - betul mencintai diri sendiri.  

Mengenal diri sendiri artinya Mama berusaha lebih melihat ke dalam diri sendiri untuk memahami diri kita. Apa saja kelebihanmu, kekuranganmu, bagaimana pola pikirmu, hingga bagaimana perasaanmu dalam berbagai situasi. Mengenal diri sendiri tidak terjadi begitu saja, dirimu perlu belajar untuk itu. 

Mengenal diri sendiri akan membuatmu lebih bisa mengendalikan hidupmu ke arah yang lebih baik. Karena Mama mengetahui apa yang perlu diperbaiki dari dirimu, apa yang perlu dikembangkan, dan apa yang perlu dirangkul sehingga dirimu merasa nyaman dengan diri sendiri. Salah satu cara sederhana yang saya lakukan untuk lebih mengenal diri sendiri yaitu dengan memperbanyak berkomunikasi dengan diri sendiri maupun melalui journaling (menulis jurnal). 


3.  Minimalkan pikiran yang tidak positif 


Hal ini juga termasuk salah satu cara penting untuk mengubah hidup Mama jadi lebih baik. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, belajar mengenal diri sendiri juga membantu Mama lebih menyadari bagaimana pola pikirmu. Apakah pola pikirmu sudah positif? Pola pikir positif ini bisa dilatih. Saya pun hingga saat ini masih terus berlatih supaya makin mudah dan terbiasa untuk selalu mengedepankan pikiran yang positif. 

Apa yang dirimu pikirkan sangat memengaruhi emosi, suasana hati dan perasaanmu. Kalau pikiranmu dipenuhi oleh hal-hal yang positif dan indah maka emosi, suasana hati dan perasaanmu juga akan berada dalam kondisi baik. Dan begitu pula sebaliknya. Sangat penting untuk menjaga emosi dan suasana hati, karena pada akhirnya hal itu juga berdampak pada tindakan kita. 

Intinya, kalau dirimu menginginkan hidup yang lebih baik, lebih positif, mulailah dari mengelola pikiranmu. Berusaha minimalkan pikiran-pikiran yang tidak positif. Pikiran positif akan menghasilkan emosi yang positif, kemudian emosi positif juga menghasilkan tindakan yang positif. 

Setiap kali ada pikiran yang tidak positif muncul di kepala saya, saya berusaha menggantinya dengan pikiran yang positif. Anggaplah Mama sedang berbicara dengan diri sendiri. Misalnya, saat muncul pikiran bahwa dirimu tidak akan mampu melakukan sesuatu, maka katakan hal sebaliknya ("aku pasti bisa") untuk mengganti pikiran yang tidak positif tadi 😊


4.  Memperbanyak syukur


Cara yang satu ini pastinya Mama sudah sering sekali mendengarnya. Ya, bersyukur juga merupakan cara simpel yang bisa dirimu lakukan untuk mengubah hidupmu jadi lebih baik. Bersyukur artinya kita menerima dengan lapang hati apa yang kita miliki saat ini. Latih dirimu untuk rutin bersyukur, termasuk mensyukuri keberadaan orang-orang terdekat atau di sekitarmu yang menjadikan hidupmu lebih indah dan mudah. 

Jika merasa hidupmu kurang ini dan itu, hal tersebut merupakan tanda bahwa Mama perlu meningkatkan rasa syukurmu. Karena saat pandai bersyukur, kita akan merasa tercukupi. 

"Kekayaan sebanyak apa pun tidak bisa membuat seseorang merasa cukup jika ia tidak pandai bersyukur"


5.  Fokus pada saat ini


Apa Mama termasuk yang kerap memikirkan masa lalu dan mengkhawatirkan apa yang belum terjadi (masa depan)? Dulu saya sering seperti ini, terutama memikirkan sesuatu yang belum terjadi. Tapi perlahan saya menyadari bahwa kebiasaan berpikir seperti itu tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan mental alias pikiran. 

Saya berusaha untuk melatih fokus saya untuk lebih mengutamakan saat ini. Supaya saya bisa lebih menikmati waktu yang saya jalani saat ini dan lebih optimal melakukan aktivitas. Karena saat kita fokus, kita bisa melakukan apa pun dengan lebih baik. Betul kan, Mam? 😉 

Memang sih ya, di zaman sekarang ini untuk benar-benar fokus tidak semudah seperti membuka bungkus coklat. Kecanggihan teknologi khususnya penggunaan internet serta kebiasaan multitasking, tanpa disadari membuat seseorang begitu mudah terdistraksi (teralihkan perhatiannya). 

Cara mudah yang saya lakukan untuk lebih fokus adalah dengan melakukan singletasking atau melakukan satu aktivitas pada satu waktu. Ini sangat membantu saya untuk fokus. Selain itu, mengelola penggunaan internet juga bisa mendukung saya lebih fokus. Saya tidak menyalakan notifikasi smartphone jika tidak benar-benar penting, sehingga saya tidak mudah terdistraksi oleh berbagai notifikasi. 


6.  Mengelola waktu


Sadarkah dirimu betapa berharganya waktu yang kita miliki saat ini? Waktu terus berjalan dan terasa cepat berlalu. Setelah dilewati kita tidak bisa mengulangnya kembali. Kita hanya menjalani hidup satu kali. Yuk, berusaha memanfaatkannya dengan baik! 😍 Caranya dengan belajar mengelola waktu yang kita miliki. Saya pun masih terus belajar dalam hal ini. 

Mengelola waktu bermanfaat untuk membuatmu lebih fokus pada hal-hal penting, meluangkan lebih banyak waktu untuk prioritasmu, dan lebih produktif (mampu menghasilkan sesuatu yang mendatangkan keuntungan). Semua manusia diberi waktu yang sama setiap harinya yaitu 24 jam, yang berbeda adalah bagaimana cara masing-masing orang menggunakan/mengelola waktu tersebut. 

Saat Mama merasa seolah tidak memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang penting untukmu, itu tandanya dirimu perlu mengelola waktu dengan lebih baik. Karena sebenarnya kita tidak pernah kekurangan waktu. Selama masih hidup kita selalu mempunyai waktu. Masalahnya adalah pengelolaan waktunya yang belum tepat, sehingga waktu yang ada terasa kurang. 

Supaya waktu yang saya miliki bisa dipergunakan dengan lebih baik, saya membuat to do list (daftar kegiatan)  harian, yang berisi aktivitas-aktivitas yang termasuk prioritas buat saya. Hal ini sangat membantu saya untuk mendahulukan aktivitas-aktivitas penting daripada melakukan aktivitas yang kurang penting atau bahkan tidak penting. 


7.  Beri perhatian lebih untuk kesehatan tubuh


Cara terakhir dalam daftar ini untuk mengubah hidup Mama jadi lebih baik yaitu memberikan perhatian ekstra terhadap kesehatan tubuhmu. Pastinya kita menjadi lebih nyaman menjalani hidup saat kita benar-benar sehat, bukan? Kita jadi bisa beraktivitas apa pun dengan lebih optimal dan menikmatinya dengan maksimal.

Ada tiga hal penting yang perlu dirimu perhatikan untuk menjadi lebih sehat, yaitu menerapkan pola makan yang baik, rutin olahraga, dan tidur yang berkualitas. Dan ada satu hal penting yang perlu Mama pahami, untuk menjadi sehat bukan berarti dirimu harus mengikuti semua saran atau informasi berkaitan dengan kesehatan. Ikutilah apa yang sesuai dengan kondisi tubuh serta kemampuanmu.

Sebab tubuh dan kemampuan masing-masing orang berbeda. Menjadi sehat merupakan pilihan hidup yang akan dirimu jalani seumur hidup, jadi lakukan hal-hal yang membuatmu tetap nyaman sehingga Mama bisa terus konsisten menjalani hidup sehat. Jika dirimu ingin menerapkan satu cara tertentu, maka mulailah dari cara yang paling mudah dan sederhana, kemudian lakukan secara perlahan alias bertahap. 

Baiklah, demikian beberapa cara mudah untuk mengubah hidup Mama jadi lebih baik. Semoga dirimu terinspirasi untuk menerapkan cara-cara tersebut. Terima kasih ya sudah membaca hingga selesai! 😉


💖 Let's share this post! Because sharing inspiring things makes you amazing.

 

Remember, you only live once. So live a healthy, happy, and peaceful life!

 

With my heart, 

~ Arifah ~


Bacaan inspiratif menarik selanjutnya (di bookmark dulu, yuk!) : 4 Pilar Gaya Hidup Holistik yang Membuat Mama Tetap Seimbang 

Credit photo: freepik.com

Inspiring references: 

psychologytoday.com/us/blog/emotional-fitness/201508/10-ways-make-your-life-better-starting-today

psychcentral.com/health/how-to-improve-your-life#self-improvement-tips

entrepreneur.com/living/10-ways-to-turn-your-life-around-for-the-better/308759

stunningmotivation.com/make-life-better-happier/

verywellmind.com/how-to-maintain-a-high-quality-of-life-3144723

Inspirasi Terpopuler di Blog Ini

Apa Saja Tips Hidup Damai yang Penting untuk Mama Lakukan? 🤍

6 Manfaat Gaya Hidup Holistik supaya Mama Sehat Secara Menyeluruh 💚

8 Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual yang Membantu Mama Lebih Damai 🤍

5 Cara Terhubung dengan Diri Sendiri yang Membuat Hidup Mama Lebih Indah 💖

5 Alasan Penting Kenapa Mama Perlu Berbuat Baik kepada Diri Sendiri 💛